You are here:Home » Tutorial » Cara Mempercepat Performa Hp Android Yang Lemot

Cara Mempercepat Performa Hp Android Yang Lemot



Cara Mempercepat Performa Hp Android Yang Lemot – Jika anda memiliki hp android yang lemot, pastinya anda akan merasa sangat jengkel. Dipakai untuk membuka aplikasi lamanya minta ampun, dipakai ketik sms tersendat, dipakai buka social media lama banget. Apalagi dipakai buat main game, pastinya lambat banget seperti siput yang lagi jalan.

Hp android yang lemot sebenarnya tergantung dari banyak hal. Salah satu hal yang paling mendasar tentunya adalah spek dari hp android anda. Jika spek prosesornya rendah (kurang dari 1 Ghz) dan juga memiliki Ram yang rendah (kurang dari 512 MB) tentunya hal itu akan menjadikan hp android anda sedikit lebih lemot. Namun jika ternyata spek hp android anda termasuk tinggi dan masih lemot, biasanya hal tersebut dipengaruhi oleh beban data dan juga aplikasi yang ada pada hp android anda.

Cara Mempercepat Performa Hp Android Yang Lemot


Berikut ini adalah cara mempercepat performa android yang lemot :

1. Instal aplikasi yang memang benar benar anda butuhkan dan hapus aplikasi yang tidak anda gunakan

Umumnya seorang pengguna android akan mengunduh banyak aplikasi untuk digunakan dalam hp android tersebut. Ada social media, ada game, ada aplikasi untuk pekerjaan, dan lain lain. Namun pastinya, dalam beberapa waktu pasti akan ada banyak aplikasi di hp android anda. Hal ini tentunya akan memakan banyak memory baik ROM maupun Ram. Apalagi aplikasi social media yang biasanya selalu aktif dengan jaringan internet.

Untuk itu, mulai sekarang silahkan anda sortir dan anda tata kembali. Aplikasi aplikasi yang tidak terpakai haruslah anda buang.  Caranya cukup mudah, anda bisa menggunakan aplikasi Clean Master yang bisa anda unduh di Google Play. Pada aplikasi itu anda bisa memanfaatkan menu Pengelola App.

2. Pergunakan aplikasi yang berfungsi sebagai cleaning

Sama halnya dengan computer pc maupun laptop, setiap aktivitas di hp android juga memiliki cache yang merupakan data data sisa dari aplikasi yang telah dipergunakan. Cache ini tentunya juga akan memerlukan tempat pada RAM hp kita. Untuk itu diperlukan cleaning agar RAM hanya digunakan untuk hal hal yang sedang berjalan saja.

Salah satu aplikasi cleaning yang bisa digunakan adalah Clean Master. Untuk cara menggunakannya silahkan anda baca pada Cara Penggunaan Aplikasi Clean Master.

3. Log out aplikasi sosmed setelah digunakan

Apabila hp android anda memiliki kapasitas RAM yang tidak terlalu besar, maka anda harus melakukan logout setiap kali anda membuka aplikasi social media anda. Baik itu blackberry messenger, facebook, twitter, path, maupun aplikasi sosmed lainnya.

Karena apabila aplikasi tersebut masih login,  tentunya setiap ada pemberitahuan (notifikasi) akan memakan kapasitas RAM anda dan tentunya hp anda juga akan lemot karena banyaknya aktivitas sosmed tersebut. Hal ini memang ribet, karena setiap kali anda harus login sebelum membuka sosmed anda. Namun ini adalah cara agar tidak lemot, jadi bila hp android anda tidak lemot ketika aplikasi sosmed masih dalam keadaan login, maka cara ini boleh tidak anda lakukan.

Demikian artikel dari Bengkel Hp Android mengenai Cara Mempercepat Performa Hp Android Yang Lemot. Semoga bermanfaat.


Kata Kunci Yang Berhubungan



3 comments:

  1. Pertamax gan
    tapi belum punya android

    ReplyDelete
  2. Tanks Om infonya..
    Semoga bermanfaat untuk yg lain juga.


    Salam kenal juga dari admin : www.hargahpterbaru.org

    ReplyDelete
  3. Saya kurang setuju dengan apa yang disampaikan diatas bahwa setelah menggunakan sosial media harus log out,setidaknya menggunakan cara memebersihkan cache sesering mungkin akan lebih baik ketimbang harus login atau logout.

    Visit back ya : http://www.triatma.us/2014/11/tips-sederhana-agar-androidmu-tidak.html

    ReplyDelete